PERCOBAAN I
FLUIDA STATIS
Kompetensi
Dasar:
Mendeskripsikan
fluida statis dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
A.
CONTEXTUAL
Kapal laut terbuat dari bahan logam. Jika sebuah logam
dimasukkan kedalam air tentu akan tenggelam. Tetapi kenapa kapal laut bisa
terapung, bahkan dapat memuat barang dan orang yang cukup banyak?
Sebagai contoh yang lain, ketika seseorang berenang,
dia merasa ringan sekali dan terapung. Mengapa bisa demikian?
B. PROBLEM
Bagaimana anda
menggunakan sebuah model untuk menjawab pertanyaan tentang situasi di atas? Bagaimana anda dapat mengetahui berat benda yang telah dimasukan
kedalam fluida serta bagaimana mencari massa jenis benda tersebut?
C.
BERTANYA
Adakah perbedaan
berat benda pada saat di udara dan di dalam air?
Tuliskan Hipotesis Anda
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
D.
MERANCANG PERCOBAAN
1.
Tujuan:
Menentukan
gaya ke atas di dalam air dan massa jenisnya benda.
2.
Alat
dan Bahan:
1. Statif
2. Benda
uji
3. Gelas
ukur
4. Neraca
pegas
5. Air
3. Prosedur Kerja:
1.
Siapkan alat dan
bahan yang diperlukan.
2.
Gantungkan
neraca pegas pada statif .
3.
Ukur berat benda
uji diudara dan catat pada tabel.
4.
Masukan benda di
dalam air dengan menggantungkan pada neraca pegas dan baca hasilnya.
5.
Hasil berat
dalam air catat dalam tabel.
6.
Ulangi percobaan
3-4 untuk benda ke 2.
4. Tabel
Pengamatan
No.
|
Berat di udara
|
Berat di air
|
Gaya Ke atas
|
Massa Benda
|
Volume benda
|
Massa Jenis
Benda
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
5.
Prosedur
Analisis dan Aplikasi
a) Buat
analisa data dari tabel untuk memperoleh gaya ke atas yang dialami benda
tersebut (FA) dan massa jenisnya (ρ)!
Analisislah
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
b)
Apakah yang terjadi jika gaya ke atas pada air lebih besar atau
lebih kecil dibandingkan berat benda?
Tuliskan Jawaban Anda
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
E.
Laporkan
Hasil Eksperimen Anda
Tuliskan Simpulan Anda
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
PERCOBAAN
II
SUHU DAN KALOR
Kompetensi
Dasar:
Mendeskripsikan suhu
dan kalor dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
F.
CONTEXTUAL
Dalam kehidupan
sehari-hari, suhu merupakan ukuran mengenai panas atau dinginnya suatu zat atau
benda. Oven yang panas dikatakan bersuhu tinggi, sedangkan es yang membeku
dikatakan memiliki suhu rendah. Suhu dapat mengubah sifat zat, contohnya
sebagian besar zat akan memuai ketika dipanaskan. Sebatang besi lebih panjang
ketika dipanaskan daripada dalam keadaan dingin. Jalan dan trotoar beton memuai
dan menyusut terhadap perubahan suhu.
Suhu merupakan ukuran megeai panas atau dinginnya
suatu zat/ benda. Alat untuk mengukur suhu adalah Thermometer. Satuan
pengukuran suhu dengan Thermometer secara umum T 0C, sedangkan
menurut Satuan Internasional (SI), satuan dari suhu adalah Kelvin (T K). untu
mengetahui perubahan suu yang terjadi pada suatu benda setelah waktu tertentu,
dapat digunakan persaaan sederhana sebagai berikut
dengan ΔT : perubahan suhu (0C)
T1 : suhu awal (0C)
T2
: suhu akhir (0C)
G. PROBLEM
Bagaimana anda
menggunakan sebuah model untuk menjawab pertanyaan tentang situasi di atas? Bagaimana anda dapat mengetahui pengaruh waktu yang diperlukan dengan perubahan suhu
dan kalor dalam air yang dipanaskan?
H.
BERTANYA
Bagaimana
pengaruh pemanasan kalor terhadap suhu air?
Tuliskan Hipotesis Anda
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
I.
MERANCANG
PERCOBAAN
6. Tujuan:
Mengamati
pengaruh kalor terhadap perubahan suhu.
7. Alat dan Bahan:
6. Statif
7. Air
8. Gelas
kimia
9. Thermometer
10. Stopwatch
11. Kaki
tiga
12. Kasa
13. Spirtus
8.
Prosedur
Kerja:
1.
Tuangkan 40 ml
air ke dalam gelas kimia, ukur suhunya,
2.
Gantungkan
thermometer pada statif.
3.
Letakkan gelas
kimia yang telah diisi dengan air diatas pembakar spirtus yang di sangga dengan
kaki tiga dan kasa.
4.
Nyalakan spirtus
dan ukurlah suhu air setelah beberapa waktu (lihat tabel data).
5.
Catat perubahan
suhu setiap 2 menit sampai air mendidih.
9.
Tabel Pengamatan
Suhu air sebelum di panaskan: T0= …. 0C
No.
|
Waktu t
(menit)
|
Suhu Awal (T1)
|
Suhu Akhir
(T2)
|
Perubahan Suhu
T
(T2-T1)
|
1.
|
2
|
|
|
|
2.
|
4
|
|
|
|
3.
|
6
|
|
|
|
4.
|
8
|
|
|
|
5.
|
10
|
|
|
|
6.
|
12
|
|
|
|
7.
|
14
|
|
|
|
8.
|
16
|
|
|
|
9.
|
18
|
|
|
|
10.
|
20
|
|
|
|
10. Prosedur Analisis dan
Aplikasi
c) Buat
analisa data dari tabel untuk memperoleh perubahan suhu tiap satuan waktu!
Analisislah
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
d)
Apakah yang terjadi jika volume air di tambahkan
dalam volume air awal?
Tuliskan Jawaban Anda
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
e)
Buatlah grafik hubungan antara Waktu dan perubahan suhu!
Grafik
Suhu (T 0C)
Waktu
(t menit)
J.
Laporkan
Hasil Eksperimen Anda
Tuliskan Simpulan Anda
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
No comments:
Post a Comment