Sunday 8 January 2017

Panduan Praktikum Fisika




PERCOBAAN I
FLUIDA STATIS

Kompetensi Dasar:
Mendeskripsikan fluida statis dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

A.   CONTEXTUAL
Kapal laut terbuat dari bahan logam. Jika sebuah logam dimasukkan kedalam air tentu akan tenggelam. Tetapi kenapa kapal laut bisa terapung, bahkan dapat memuat barang dan orang yang cukup banyak?
Sebagai contoh yang lain, ketika seseorang berenang, dia merasa ringan sekali dan terapung. Mengapa bisa demikian?

B.    PROBLEM
Bagaimana anda menggunakan sebuah model untuk menjawab pertanyaan tentang situasi di atas? Bagaimana anda dapat mengetahui berat benda yang telah dimasukan kedalam fluida serta bagaimana mencari massa jenis benda tersebut?

C.    BERTANYA
Adakah perbedaan berat benda pada saat di udara dan di dalam air?
Tuliskan Hipotesis Anda
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
D.    MERANCANG PERCOBAAN
1.      Tujuan:
Menentukan gaya ke atas di dalam air dan massa jenisnya benda.
2.      Alat dan Bahan:
1.      Statif
2.      Benda uji
3.      Gelas ukur
4.      Neraca pegas
5.      Air
3.      Prosedur Kerja:
1.      Siapkan alat dan bahan yang diperlukan.
2.      Gantungkan neraca pegas pada statif .
3.      Ukur berat benda uji diudara dan catat pada tabel.
4.      Masukan benda di dalam air dengan menggantungkan pada neraca pegas dan baca hasilnya.
5.      Hasil berat dalam air catat dalam tabel.
6.      Ulangi percobaan 3-4 untuk benda ke 2.

4.      Tabel Pengamatan
No.
Berat di udara
Berat di air
Gaya Ke atas
Massa Benda
Volume benda
Massa Jenis Benda
1






2






3







5.      Prosedur Analisis dan Aplikasi
a)      Buat analisa data dari tabel untuk memperoleh gaya ke atas yang dialami benda  tersebut (FA) dan massa jenisnya (ρ)!
Analisislah
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

b)      Apakah yang terjadi jika gaya ke atas pada air lebih besar atau lebih kecil dibandingkan berat benda?  
Tuliskan Jawaban Anda
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
E.    Laporkan Hasil Eksperimen Anda
Tuliskan Simpulan Anda
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
PERCOBAAN II
SUHU DAN KALOR

Kompetensi Dasar:
Mendeskripsikan suhu dan kalor dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

F.     CONTEXTUAL
Dalam kehidupan sehari-hari, suhu merupakan ukuran mengenai panas atau dinginnya suatu zat atau benda. Oven yang panas dikatakan bersuhu tinggi, sedangkan es yang membeku dikatakan memiliki suhu rendah. Suhu dapat mengubah sifat zat, contohnya sebagian besar zat akan memuai ketika dipanaskan. Sebatang besi lebih panjang ketika dipanaskan daripada dalam keadaan dingin. Jalan dan trotoar beton memuai dan menyusut terhadap perubahan suhu.
Suhu merupakan ukuran megeai panas atau dinginnya suatu zat/ benda. Alat untuk mengukur suhu adalah Thermometer. Satuan pengukuran suhu dengan Thermometer secara umum T 0C, sedangkan menurut Satuan Internasional (SI), satuan dari suhu adalah Kelvin (T K). untu mengetahui perubahan suu yang terjadi pada suatu benda setelah waktu tertentu, dapat digunakan persaaan sederhana sebagai berikut
dengan ΔT : perubahan suhu (0C)
 T1   : suhu awal (0C)
 T2  : suhu akhir (0C)
G.     PROBLEM
Bagaimana anda menggunakan sebuah model untuk menjawab pertanyaan tentang situasi di atas? Bagaimana anda dapat mengetahui pengaruh  waktu yang diperlukan dengan perubahan suhu dan kalor dalam air yang dipanaskan?

H.   BERTANYA
Bagaimana pengaruh pemanasan kalor terhadap suhu air?
Tuliskan Hipotesis Anda
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

I.       MERANCANG PERCOBAAN
6.      Tujuan:
Mengamati pengaruh kalor terhadap perubahan suhu.

7.      Alat dan Bahan:
6.      Statif
7.      Air
8.      Gelas kimia
9.      Thermometer
10.  Stopwatch
11.  Kaki tiga
12.  Kasa
13.  Spirtus

8.      Prosedur Kerja:
1.      Tuangkan 40 ml air ke dalam gelas kimia, ukur suhunya,
2.      Gantungkan thermometer pada statif.
3.      Letakkan gelas kimia yang telah diisi dengan air diatas pembakar spirtus yang di sangga dengan kaki tiga dan kasa.
4.      Nyalakan spirtus dan ukurlah suhu air setelah beberapa waktu (lihat tabel data).
5.      Catat perubahan suhu setiap 2 menit sampai air mendidih.

9.      Tabel Pengamatan
Suhu air sebelum di panaskan: T0= …. 0C
No.
Waktu t (menit)
Suhu Awal (T1)
Suhu Akhir
(T2)
Perubahan Suhu T
(T2-T1)
1.
2



2.
4



3.
6



4.
8



5.
10



6.
12



7.
14



8.
16



9.
18



10.
20



10.  Prosedur Analisis dan Aplikasi
c)      Buat analisa data dari tabel untuk memperoleh perubahan suhu tiap satuan waktu!
Analisislah
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

d)     Apakah yang terjadi jika volume air di tambahkan dalam volume air awal?  
Tuliskan Jawaban Anda
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
e)      Buatlah grafik hubungan antara Waktu dan perubahan suhu!
Grafik
Suhu (T 0C)





                                            Waktu (t menit)
J.      Laporkan Hasil Eksperimen Anda
Tuliskan Simpulan Anda
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

No comments:

Post a Comment